Pemanfaatan Google Jamboard Sebagai Media Untuk Pembelajaran Interaktif IPS Selama Pembelajaran Jarak Jauh

  • Windiyani Murwati, S.Pd (Guru IPS SMP Islam At Taubah)
  • 28 April 2021

Selama pandemi covid-19, kegiatan belajar mengajar sekolah dilakukan secara daring (dalam jaringan). Peserta didik belajar dari rumah secara mandiri. Pastinya tidak semudah belajar seperti saat pembelajaran tatap muka, ada banyak kekurangan atau permasalahan yang timbul dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring. Diantaranya peserta didik menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, yang ditandai dengan tidak menyalakan kamera, tidak merespon pertanyaan dari peserta didik lain bahkan guru. Untuk itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran agar memunculkan pembelajaran yang interaktif antara peserta didik, peserta didik dengan guru dan peserta didik dengan sumber belajarnya.

Dalam menciptakan pembelajaran jarak jauh yang interaktif diperlukan adanya media pembelajaran yang menarik keaktifan peserta didik dalam belajar. Salah satu media yang bisa digunakan guru saat PJJ yang memungkinkan peserta didik untuk interaktif dalam belajar yaitu melalui media Google Jamboard. Google Jamboard adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan google yang merupakan papan tulis digital. Layaknya sebuah papan tulis konvensional, jamboard ini bisa digunakan untuk media dalam menjelaskan materi pembelajaran dengan menulis materi, menambah gambar dan informasi lainnya. Selain itu bisa juga mengajak peserta ddik untuk interaktif dan berkolaborasi selama pembelajaran terutama saat tatap maya dengan peserta didik.

Jamboard adalah papan tulis digital dari Google yang telah terintegrasi dengan berbagai layanan cloud. Jamboard hadir untuk memudahkan kolaborasi secara real time antara guru dengan siswa sehingga bisa membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Guru dalam kegiatan tatap maya dapat menampilkan Google Jamboard ini. Guru dapat mengajak siswa untuk membuat sketsa ide, memecahkan masalah atau menggambar secara kolaboratif dan sinkron. Setelah digunakan dalam pembelajaran selama tatap maya dengan peserta didik, maka hasil pekerjaan peserta didik dapat tersimpan secara otomatis di google drive akun guru. Sehingga hal ini memudahkan guru untuk mendokumentasi hasil pembelajaran dan link nya bisa dishare di google classroom. (https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-jamboard-sebagai-media-untuk-pembelajaran-interaktif-selama-pembelajaran-jarak-jauh/).

Dalam pembelajaran IPS, pemanfaatan media google jamboard sangat membantu pembelajaran jarak jauh. Dalam pembelajaran IPS di SMP Islam At-Taubah, google jamboard dimanfaatkan untuk membuat tugas kelompok yang berupa proyek. Salah satunya proyek membuat mind map, presentasi hasil diskusi kelompok, ataupun menyampaikan gagasan/ opini mengenai materi pembelajaran. Google jamboard ini juga ternyata dapat mengatasi peserta didik yang pasif dalam mengeluarkan pendapat. Biasanya peserta didik tersebut malu untuk mengungkapkan pendapatnya di ruang meet. Guru dapat mengajak peserta didik tersebut untuk menuliskan pendapatnya pada papan jamboard melalui sticky note, gambar ataupun tools lainnya yang disediakan aplikasi ini. Sehingga semua peserta didik dapat terlibat langsung dalam pembelajaran. Ditambah lagi dengan warna – warna yang menarik, dapat menstimulus daya kreatif peserta didik. Di bawah ini adalah bebrapa contoh pemanfaatan media jamboard dalam pembelajaran IPS di SMP Islam At-Taubah.

a) Membuat mind map bersama peserta didik dalam satu kelas.

b) Membuat Games mencocokan pertanyaan dan jawaban.

c) Membuat slide presentasi hasil diskusi kelompok.

Dari contoh pemanfaatan google jamboard di atas, sangat membantu guru untuk mengembangkan kemampuan 4C yang harus dimiliki peserta didik di abad 21 yaitu Creative, critical Thingking, Collaboratifve dan communicative. Penggunaanya pun cukuo mudah digunakan. Guru hanya tinggal mendesain pembelajaran dan memberi rambu – rambu atau tata tertib dalam pembelajaran agar tidak mencoret-coret papan tulis digital ini. Sehingga jelas dan terarah tahapan – tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Hai, Guru inovatif dan kreatif, mari mencoba !!!