PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK PENILAIAN DALAM PJJ

  • Rosmalia, S.Si, M.Pd
  • 11 Maret 2021

Tak terasa, setahun sudah pembelajaran di sekolah dilaksanakan dari rumah secara daring yang lebih dikenal dengan sebutan Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Selama masa pandemi, guru harus berinovasi dalam mengajar terutama dalam meningkatkan kompetensi di bidang teknologi. Selain harus mahir menggunakan platform Google Meet atau Zoom Meeting untuk tatap muka maya, guru juga harus pandai memilah platform yang sesuai untuk evaluasi.

Evaluasi atau penilaian merupakan sesuatu yang mutlak dan sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Evaluasi bertujuan untuk memperbaiki segala hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dalam mencapai tujuan dan mendapatkan hasil dari proses pembelajaran yang telah berlangsung.

Rangkaian evaluasi tertulis dalam jenjang pendidikan formal, terutama tingkat menengah, adalah pelaksanaan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) yang dilaksankan di akhir semester ganjil maupun Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang dilaksanakan di setiap akhir semester genap bagi peserta didik kelas VII, VIII dan IX. Kegiatan ini merupakan evaluasi terhadap proses belajar mengajar untuk mengetahui pencapaian KKM dari KD yang telah disusun dalam program semester. Sesuai aturan Gubernur Jakarta, Bapak Anies Baswedan, di masa pandemi selama PJJ, maka semua penilaian dilaksanakan secara daring.

Salah satu platform yang sering digunakan untuk penilaian daring adalah Google Form yang merupakan fasilitas yang disediakan oleh pihak Google selain Google Meet. Dalam menggunakan google form banyak kelebihan yang dirasakan, antara lain :

  1. Menghemat Biaya

Hal ini dikarenakan penggandaan soal melalui fotokopi ditiadakan sehingga dapat menghemat biaya untuk membeli kertas dan tinta printer. Selain itu, aplikasi Google Form sendiri tidak berbayar alias gratis

2. Tampilan tema yang menarik.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan foto atau logonya sendiri di dalam kuis atau survei. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki banyak tema menarik yang dapat dipilih oleh pengguna.

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah image-3.png

3. Memiliki berbagai jenis tes yang bebas dipilih.

Dalam membuat kuis atau tes menggunakan Google Form maka kita dapat membuat pilihan tes sesuai keperluan. Misalnya jawaban pilihan ganda, isian singkat, uraian, ceklis, dan lain sebagainya.

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah image-4.png

4. Mudah digunakan.

Dengan memiliki satu akun Google, maka pengguna sudah dapat menggunakan aplikasi ini dengan segala fasilitas yang disediakan.

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah image-5.png

5. Mudah dibagikan

Dengan fitur bagikan atau dapatkan link, maka kuis atau tes yang kita buat dapat kita bagikan kepada siapa saja dengan mudah dan praktis.

6. Terhubung dengan SpreadSheets.

Adanya fitur SpreadSheets memudahkan kita melihat hasil kuis atau tes yang telah kita lakukan karena hasil tersebut akan dibuat dalam format excel.

Gambar berikut tidak memiliki atribut alt; nama berkasnya adalah image-6.png

Demikianlah sedikit ulasan saya tentang Google Form, semoga bermanfaat.

Terimakasih telah membaca. Sampai jumpa di tulisan berikutnya …